
Dalam wilayah kebijakan pendidikan, seluruh sekolah didorong untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter, gerakan literasi, dan penyiapan kompetensi pemecahan masalah rumit/kompleks. Ketiga kebijakan tersebut merupakan upaya untuk menyiapkan kepemilikan kompetensi abad 21 dari seluruh siswa. Dari ketiga kebijakan tersebut langkah yang dapat dilakukan dalam suasana bulan Ramadhan ini adalah mendorong untuk mewujudkan pendidikan karakter pada seluruh siswa melalui pendidikan keagamaan.



Bahwa keberhasilan program pendidikan pada tingkat satuan pendidikan tidak bisa dibebankan sekolah itu sendiri, tetapi harus dibangun kebersamaan di antara tripusat pendidikan. Realitas tersebut semakin nampak ketika ada pembatasan aktivitas di sekolah yang melahirkan pola pembelajaran ini
Akhirnya, keberhasilan kegiatan pengembangan karakter pada bulan suci Ramadhan yang di tengah pandemi Covid-19 ini akan terwujud bila terbangunnya komunikasi guru dan dengan dukungan seluruh orang tua siswa. Karena itu, marilah kita mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui nilai-nilai puasa di bulan suci Ramadhan ini