SEKILAS INFO
20-08-2022
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Hari Raya Idul adha 1443 H
  • 2 bulan yang lalu / Ujian semester Genap TP. 2021-2022 Senin, 6 Juni 2022
  • 3 bulan yang lalu / Perpisahan siswa kelas IX Rabu, 18 Mei 2022 di UPT SMPN 1 TANA LILI
23
Apr 2022
0
UPT SMPN 1 TANA LILI Mengadakan kegiatan sekolah Pengembangan Karakter 1443 Hijriah pada tanggal 11-13 april 2022. Bulan Ramadhan dalam suasana pandemi Covid-19 harus tetap diisi dengan penuh  semangat untuk tetap menstimulasi siswa agar melaksanakan pembelajaran, sehingga tidak ada waktu kosong dari pembelajaran sekalipun dalam suasana puasa bulan Ramadhan.
Dalam wilayah kebijakan pendidikan, seluruh  sekolah didorong untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter, gerakan literasi, dan penyiapan kompetensi pemecahan masalah rumit/kompleks. Ketiga kebijakan tersebut merupakan upaya untuk menyiapkan kepemilikan kompetensi abad 21 dari seluruh siswa. Dari ketiga kebijakan tersebut langkah yang dapat dilakukan dalam suasana bulan Ramadhan ini adalah mendorong untuk mewujudkan pendidikan karakter pada seluruh siswa melalui pendidikan keagamaan.
Pelaksanaan kegiatan pengembangan karakter ini bisa disinergiskan dengan program siswa dalam mengisi bulan Ramadhan yang  diisi dengan program tadarus Al-Quran, Amalan suci bulan ramadhan, Pentingnya puasa, Shalat berjamaah serta dan Aqidah ahlak.
Penguatan karakter siswa akan dapat terlaksanakan dengan baik apabila ketiga elemem pendidikan yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat yang biasa disebut tripusat pendidikan tersebut membangun  sinergitas gerak dan langkah dalam mengimplementasikannya. Strategi untuk merealisasikan  tripusat pendidikan di antaranya membangun komunikasi yang harmonis, peningkatan partisipasi, serta pemberdayaan di antara tripusat pendidikan tersebut.
Simpulan
Bahwa keberhasilan program pendidikan pada tingkat satuan pendidikan  tidak bisa dibebankan sekolah itu sendiri, tetapi harus dibangun  kebersamaan di antara tripusat pendidikan. Realitas tersebut semakin nampak ketika  ada pembatasan aktivitas di sekolah yang melahirkan pola pembelajaran ini
Akhirnya, keberhasilan kegiatan pengembangan  karakter pada bulan suci Ramadhan yang di tengah  pandemi Covid-19 ini akan terwujud bila  terbangunnya komunikasi guru dan dengan dukungan seluruh orang tua siswa. Karena itu, marilah kita mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui nilai-nilai puasa di bulan suci Ramadhan ini