SEKILAS INFO
18-08-2022
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Hari Raya Idul adha 1443 H
  • 2 bulan yang lalu / Ujian semester Genap TP. 2021-2022 Senin, 6 Juni 2022
  • 3 bulan yang lalu / Perpisahan siswa kelas IX Rabu, 18 Mei 2022 di UPT SMPN 1 TANA LILI
16
Feb 2022
0
UPT SMPN 1 Tana Lili – Supervisi akademik adalah suatu proses pengawasan yang dilakukan oleh seseorang (biasanya kepala sekolah) kepada guru, yang bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan pada gilirannya akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas proses belajar peserta didik (Fischer, n.d.).
Sebelum melaksanakan Pembelajaran guru harus merencanakan proses pembelajaran dan melakukan penilaian untuk mengukur perencanaan yang telah dibuat.
 
Sesuai dengan Tupoksi Guru harus mempersiapkan, merencanakan, dan membuat perangkat pembelajaran, dan selanjutnya melaksanakannya dalam proses pembelajaran yang diikuti dengan proses penilaian serta tindak lanjut, adapun tindak lanjutnya adalah program remedial dan pengayaan.
Kegiatan pelaksanaan Supervisi di UPT SMPN 1 Tana Lili sendiri akan dilaksanakan tanggal 12 Pebruari 2022 hingga  yang dilakukan secara bekelompok sesuai dengan rumpun mata pelajaran. Kegiatan ini diketuai oleh wakil kepala sekolah bagian Kurikulum yaitu Ninik Sugiarti, S.Pd, Sebagai penanggung Jawab yaitu Kepala UPT Priyanto, S.Pd.M.Si. Adapun  Tim supervisi yang telah dibentuk berdasarkan Rumpun mata pelajaran  bisa di lihat dibawa ini.
 
 
 
Tahapan dari Supervisi akademik adalah” Pelaksanaan Supervisi”. Terdapat minimal empat kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah pada tahap pelaksanaan supervise akademik ini yaitu:
 
Melaksanakan Supervisi  Perangkat Pembelajaran
Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP
Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran
Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar
Keempat tahapan tersebut harus dilaksankan agar kegiatan spervisi dapat berlangsung secara utuh dan menghasilkan data sesuai dengan tujuan supervise akademik itu sendiri.
Supervisi perangkat pembelajaran guru  di laksanakan di UPT SMP Negeri 1 Tana Lili oleh  tim supervisor  yang dibentuk kepala sekolah, Adapun administrasi guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut semuanya harus terdokumentasikan dengan baik.
Dokumen administrasi yang harus dimiliki guru terdiri dari:
Perencanaan
Administrasi perencanaan meliputi penyiapan perangkat pembelajaran yaitu:
Kalender pendidikan
Rincian Minggu efektif
Pengembangan Silabus
Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar (SK dan KD)
Program Tahunan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Program Semester
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Instrumen penilaian, yang meliputi
Kisi-kisi soal
Bank soal
Pedoman penskoran
Kunci jawaban
Pelaksanaan Pembelajaran
Administrasi pelaksanaan pembelajaran guru meliputi:
Agenda guru (jurnal mengajar)
Daftar kehadiran siswa
Jurnal kelas
Buku pegangan guru
Buku siswa
Penilaian
Administrasi penilaian meliputi:
Daftar nilai yang berisi nilai tugas, nilai ulangan (harian, mid-semester, dan semester), nilai tugas terstruktur, dan nilai tugas tak terstruktur
Analisis hasil penilaian
Program remedial
Program pengayaan
Guru yang baik tentu harus mempunyai kelengkapan administrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Administrasi itu disusun secara tertib dan sistematis sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi guru.
 
Salah satu upaya agar guru memiliki administrasi pembelajaran secara baik dan lengkap adalah dengan melakukan supervisi oleh Pengawas. Dengan supervisi guru mendapatkan pembinaan, pengarahan, dan evaluasi. Supervisi yang seperti mungkin masuk dalam katagori supervisi administrasi.
Supervisi administrasi dari Pengawas memiliki fungsi yang sangat efektif. Guru lebih mempersiapkan diri untuk melengkapi